You are currently viewing UPACARA HAB KEMENAG RI yang Ke-77 di MTs WI Kebarongan

UPACARA HAB KEMENAG RI yang Ke-77 di MTs WI Kebarongan

Segenap Keluarga MTs WI Kebarongan mengucapkan “selamat memperingati HAB KEMENAG RI yang Ke-77. Setiap tanggal 3 Januari, seluruh Kantor Kementerian Agama selalu mengadakan upacara dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti). MTs WI Kebarongan, selain sebagai madrasah di bawah naungan Yayasan Pomesmawi, juga merupakan madrasah di bawah naungan Kementerian Agama khususnya Wilayah Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu, MTs WI juga menyelenggarakan upacara dalam rangka peringatan tersebut. Kegiatan upacara dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama ke-77 diselenggarakan oleh MTs WI kebarongan pada hari Selasa 3 Januari 2023. kegiatan upacara ini melibatkan santri sebagai petugas upacara, adapun selaku pembina upacara adalah Kepala MTs WI Kebarongan dan diikuti oleh segenap Asatidz dan karyawan serta seluruh santri MTs WI Kebarongan.

Pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti (HAB) tersebut berjalan dengan penuh hikmat. Tujuan diadakannya upacara ini adalah untuk melatih kedisiplinan asatidz dan santri.

Tema peringatan Hari Amal Bakti (HAB) tahun ini adalah “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. Tema ini memiliki makna bahwa Hari Amal Bakti Kementerian Agama merupakan peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Ustadz Syahidin, S.Ag selaku Kepala MTs WI Kebarongan menyampaikan kutipan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang tema ini dalam amanatnya. Pada hari ini, Selasa, tanggal 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita.
“Rasa syukur sepatutnya kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala limpahan rahmat, karunia, dan anugerah-Nya keapda kita sekalian. Hari ini kita telah memasuki Tahun baru 2023. Tahun baru bukan sekedar penanda berakhirnya kalender tahun kemarin dan dimulainya kalender baru. Namun bagi insan Kementerian Agama RI, setiap pergantian tahun selalu memiliki makna khusus. Di awal tahun, tepatnya hari ini selasa 3 Januari 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946.”

Terselip juga amanat untuk seluruh santri MTs WI Kebarongan di antaranya : meningkatkan kedisiplinan waktu maupun dalam belajar, menjalankan dan memegang teguh norma sopan santun kepada orang tua, guru, dan sesama santri, mejaga pergaulan dan memilih teman dalam bergaul, serta pesan agar selalu mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan meningkatkan ibadah Kpd Allah Swt. Semoga di tahun ini kita semua menjadi pribadi yang lebih baik daripada tahun yang lalu sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits : “Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka.” (HR. Al Hakim).

Cek info update MTs WI Kebarongan di
www.mtswikebarongan.sch.id

Leave a Reply