You are currently viewing PRAKHUSI MTs WI KEBARONGAN IKUT SERTA DALAM FESTIVAL KETRAMPILAN PRAMUKA PENGGALANG INOVATIF (FKPPI) KWARCAB BANYUMAS TAHUN 2022

PRAKHUSI MTs WI KEBARONGAN IKUT SERTA DALAM FESTIVAL KETRAMPILAN PRAMUKA PENGGALANG INOVATIF (FKPPI) KWARCAB BANYUMAS TAHUN 2022

Kebarongan, 12 November 2022

Untuk menindaklanjuti program kerja pramuka MTs WI Kebarongan tahun 2022/2023, maka satuan gugus depan MTs WI Kebarongan telah mengikuti kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwarcab Banyumas Tahun 2022.

Dalam rangka mewujudkan tujuan gerakan pramuka Kwartir Cabang Banyumas yakni mewujudkan anggota Gerakan Pramuka Banyumas yang berkarakter, cakap, berdaya saing dan peduli, maka Kwartir Cabang telah menyelenggarakan kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif (Banyumas Scout Festival 2022) sebagai tempat berkreasi bagi anggota Gerakan Pramuka Banyumas untuk belajar serta mengembangkan keterampilannya di bidang kepramukaan.

Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwarcab Banyumas Tahun 2022 ini diikuti oleh anggota pramuka yang aktif di Kwartir Ranting dan diharapkan dapat menjadi sarana untuk berkreasi dan menghasilkan karya dalam bidang keterampilan pramuka.

Sehubungan dengan hal tersebut, MTs Wathoniyah Islamiyah Kebarongan selaku satuan gugus depan terkait telah melaksanakan program kerja tersebut dengan mengikuti petunjuk penyelenggaraan kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwarcab Banyumas Tahun 2022.

Adapun tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan Kode Kehormatan yang berupa janji Satya Pramuka dan Darma Pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Banyumas. Sedangkan tujuan secara khusus adalah untuk meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan Pramuka Penggalang di Banyumas, memperoleh tambahan pengalaman, keterampilan dan sahabat pramuka, meningkatkan disiplin, rasa tanggung jawab dan kesetiaan terhadap barung, Gugus depan dan Kwartir Cabang, lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan, kerukunan, kekompakan, kegotongroyongan dan kesetiakawanan dan menjadi wahana berkarya bagi anggota Pramuka di Kwartir Cabang Banyumas dalam mengeksplorasi kreatifitas serta inovasi untuk berkreasi.

Dalam pelaksanaannya, Festival Keterampilan Pramuka Inovatif  Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2022 meliputi PBB dan Pionering. PBB diikuti oleh 21 kontingen putri dan 17 Kontingen putra pramuka penggalang se-kabupaten Banyumas. Adapun Pionering diikuti oleh 16 kontingen putrid an 11 kontingen putra se-kabupaten Banyumas.. Perwakilan pangkalan MTs WI Kebarongan sebanyak 25 andik. Terdiri dari tim PBB 16 andik, tim pionering 6 andik dan 3 andik sebagai cadangan. Didampingi oleh pelatih dan pembina pramuka MTs WI Kebarongan. Dalam ajang Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2022 ini kontingen putri tim PBB pramuka MTs WI Kebarongan mendapatkan rangking 8 dari 21 peserta dan tim Pionering mendapatkan rangking 15 dari 16 peserta. Meskipun tidak mendapatkan juara, namun mereka tetap semangat dan antusias untuk memperdalam ketrampilan yang ada dalam kegiatan pramuka di MTs WI Kebarongan. Hal ini Karena mereka slalu ingat apa yang telah ditanamkan dan diajarkan dalam pramuka. Sesuai dengan Pepatah yang mengatakan : “Lebih baik bertempur dan kalah daripada tidak pernah bertempur sama sekali”. “Bukan tentang kemenangan tapi tentang pengalaman. Bukan tentang juara, tapi tentang kerja keras”. (Tim Redaksi MTs WI Kebarongan)

Leave a Reply