You are currently viewing Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 di MTs WI Kebarongan

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 di MTs WI Kebarongan

Hari santri merupakan salah satu peringatan hari besar yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Sesuai dengan ketetapan presiden hari santri telah diperingati sejak tahun 2015 lalu. Ketetapan ini berdasarkan pada sejarah panjang perjuangan ulama dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dikutip dari situs Resmi KEMENAG RI. Hari Santri tahun 2022 mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, tema tersebut menggambarkan peran santri dalam sejarah bangsa Indonesia. Seorang santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif di setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil,santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Sejak hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022 sampai dengan hari ini Ahad, 23 Oktober 2022, MTs WI Kebarongan memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 dengan berbagai macam perlombaan, pembagian paket sembako, Market Day / bazar santri dan diakhiri dengan pawai ta’aruf santri MTs WI Kebarongan pada hari ini Ahad, 23 Oktober 2022.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 tahun ini di MTs WI Kebarongan mengusung tema “Menumbuhkan semangat santri dalam berkarya dan beramal”. Hal ini menunjukkan bahwa fokus utama santri MTs WI tahun ini adalah supaya mereka terbiasa untuk beramal, berkarya, dan mewujudkan teknologi yang berguna bagi kehidupannya. Setiap pribadi muslim tidak hanya dibangun untuk memiliki pengetahuan yang luas dan dengan kecerdasan yang tinggi, tetapi juga yang harus dibangun adalah kemampuannya untuk beramal yang salih, mengamalkan, dan menerapkan ilmunya untuk kemaslahatan kehidupan manusia.

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 telah berlangsung dengan tertib dan aman, upacara hari santri Nasional (HSN) tahun 2022 di halaman MTs WI Kebarongan. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala MTs WI Kebarongan, Ustadz Syahidin, S.Ag. Dalam amanatnya beliau menyampaikan “Hari Santri ini patut diapresiasi sebagai wujud dari rasa syukur atas perjuangan dari para ulama dan santri-santrinya terdahulu yang telah berjuang mempertahankan NKRI yang dikenal dengan Resolusi Jihad. Momentum ini diharapkan dapat menanamkan nilai untuk selalu berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam Rahmatan Lil’alamin sebagai tradisi luhur bangsa Indonesia. Beliau menambahkan dengan memegang nilai-nilai tersebut, para santri harapannya tidak mudah goyah ketika diterjang godaan ideologi-ideologi tertentu yang berpotensi merusak moral.

Adapun jadwal kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 di MTs WI Kebarongan sebagai berikut :

•           Kamis, 20 Oktober 2022

Upacara Pembukaan Serangkaian Acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022

Lomba Tahfidz dan Kaligrafi

Pelatihan Menulis SAHA SABU (Satu Hari Satu Buku)

•           Jum’at, 21 Oktober 2022

–           Kejuaraan Bulu Tangkis Putri

•           Sabtu, 22 Oktober 2022

–           Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022

–           Pembagian paket SEMBAKO

–           Market Day / Bazar santri

•           Ahad, 23 Oktober 2022

–           Pawai ta’aruf / Karnaval

–           Lomba Tilawah, pidato Bahasa Arab, Indonesia, Inggris dan Jawa serta kejuaraan bulu tangkis putra dan tenis meja putra.

Leave a Reply