You are currently viewing Sosialisasi HIV/AIDS Bagi Santri Kelas 9 MTs WI Kebarongan

Sosialisasi HIV/AIDS Bagi Santri Kelas 9 MTs WI Kebarongan

Selasa, 13 September 2022

Kurang lebih 190 santri kelas 9 MTs WI Kebarongan hadir mengikuti sosialisasi HIV/AIDS di Aula MWI Kebarongan Selasa (13/9/2022). Bertindak sebagai narasumber Ratna Juwita. Ia merupakan tenaga kesehatan dari Puskesmas II Kemranjen , sebagai salah satu mitra dari MTs WI Kebarongan, terutama dalam hal kesehatan santri.

“HIV (Human Immundeficiency Virus) menyerang sel darah putih di dalam tubuh yang menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS merupakan sekumpulan penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh. Artinya karena kekebalan tubuh pada seseorang turun, maka orang tersebut mudah terkena penyakit,” jelas Ratna.“Salah satu cara penularannya adalah hubungan seks tanpa menggunakan kondom, dari seorang ibu hamil yang HIV positif selama masa kehamilan, waktu persalinan dan atau waktu menyusui, transfusi darah yang sudah tercemar HIV dan juga penggunaan jarum suntik secara bergantian,” imbuhnya.

Koordinator acara, Ust. Sunaryo, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan tersebut memang dikhususkan bagi remaja yang telah berusia 15 tahun ke atas. “Harapannya agar santri memiliki bekal yang cukup sehingga waspada dan memahami tentang HIV/AIDS. Agar berhati-hati dalam bergaul, karena sampai saat ini belum ada obatnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tetap fokus belajar dan jangan berbuat yang melanggar, tegasnya”.

Ust. Syahidin,S.Ag, selaku Kepala MTs WI Kebarongan berterima kasih kepada pihak Puskesmas karena telah melaksanakan kegiatan ini. Sehingga peserta didik dapat mendapat pengetahuan dan mampu untuk menjauhkan diri dari virus yang berbahaya ini. (Tim Redaksi MTs WI Kebarongan).

Leave a Reply