You are currently viewing UPACARA BENDERA HARI SENIN & PEMBAGIAN HADIAH DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT RI KE-77

UPACARA BENDERA HARI SENIN & PEMBAGIAN HADIAH DALAM RANGKA MEMERIAHKAN HUT RI KE-77

Kebarongan, 29 Agustus 2022

Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama sekolah-dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di MTs WI Kebarongan. Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di MTs WI Kebarongan.Momen upacara bendera memang cukup dirindukan anak didik di MTs WI Kebarongan. Kini hampir dua tahun santri MTs WI tidak mengadakan upacara bendera karena pandemi covid-19.Adapun penyelenggaraan upacara bendera yang digelar dilapangan halaman MTs WI Kebarongan pada Senin (29/8/2022) 7.30 s/d selesai.

Upaca Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.Peserta upacara tidak membuat masalah dan kegaduhan saat upacara berlangsung. Sebaliknya mengikuti upacara tersebut dengan rasa sosial dan kebersamaan yang tinggi sehingga upacara berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam amanatnya Ustadz Syahidin, S.Ag selaku Pembina upacara menyampaikan ETIKA MURID TERHADAP GURU, diantaranya adalah sebagai beriukut :

1. Berpakaian rapih dan bersih.

2. Besikap sopan serta santun.

3. Mendengarkan pelajaran dengan seksama.

4. Menghormati guru sebagaimana menghormati kedua orang tua.

5. Tidak memotong pembicaraan.

6. Mendoakan kebaikan guru .

7. Balaslah kebaikan dengan kebaikan.

Beliau menghimbau kepada seluruh santriwan dan santriwati MTs WI Kebarongan untuk slalu giat belajar. Sebagai seseorang yang terpelajar, selain dituntut memiliki pengetahuan yang luas juga dituntut untuk memiliki etika yang bagus kepada semua orang utamanya orang yang lebih tua dari Kita, khususnya orang tua dan guru.Etika merupakan tata aturan tentang sikap atau prilaku yang baik. Orang yang beretika akan selalu memiliki perilaku yang baik.Bangsa Indonesia terkenal sebagai sebuah bangsa dengan penduduk yang memiliki tata krama, sopan santun atau akhlak yang baik.

Selain itu juga untuk meningkatkan prestasi belajar perlu adanya motivasi yang besar dalam diri setiap santri untuk menjadi yang lebih baik lagi. Perlu  diingat dengan baik bahwa motivasi yang besar adalah modal utama untuk meraih keberhasilan.

Siapa yang siap hari ini, berarti dia sudah siap menerima masa depan.

Demikian amanat yang beliau sampaikan, semoga kita semua bisa meraih kesuksesan di masa depan Aamiin.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77 yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu-Ahad yang lalu. (Tim Redaksi MTs WI Kebarongan)

Leave a Reply