You are currently viewing Pelaksanaan Tes BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) dan Tes Intelgensi Bagi Calon Santri Baru Tahun Pelajaran 2022/2023

Pelaksanaan Tes BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) dan Tes Intelgensi Bagi Calon Santri Baru Tahun Pelajaran 2022/2023

Kebarongan, Kamis 14 Juli 2022

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dan kemampuan akademik calon santri baru, MTs WI Kebarongan mengadakan Tes BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) dan Tes Intelgensi Bagi Santri Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua tes tersebut telah dilaksanakan pada hari ini Kamis,14 Juli 2022. Dimulai pukul 08.00 s/d 10.30 WIB.

Menurut ketua panitia PPDB MTs WI Kebarongan, Ahsin Hasanul Lutfi, S.Pd.I mengatakan, setiap santri baru tahun pelajaran 2022/2023 wajib dapat membaca dan menulis Al Quran maka dilakukan tes tertulis maupun lisan dalam kemampuan menguasai Al Quran.

Adapun teknik tes Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) ini, setiap siswa dipanggil maju satu persatu untuk diuji kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan menulis kata/kalimat dalam bahasa Arab.“Tes BTA ini dilakukan oleh beberapa Ustad/Ustadzah penguji yang berkompeten”, terangnya. Hasil tes ini juga digunakan untuk memetakan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) siswa, yang nantinya akan ada bimbingan khusus bagi santri yang kurang lancar dalam baca tulis Al Quran.Lebih lanjut, ketua panitia mengatakan bahwa dengan dilakukan tes Baca Tulis Al-Qur’an (BTA ) seluruh calon santri baru MTs WI bebas buta Baca Tulis Al-Qur’an (BTA).

Adapun dilaksanakannya tes Intelgensi yaitu untuk mengukur kemampuan calon santri secara individual dari segi kemampuan berpikir logis dan analitis , serta kemampuan dasar yang meliputi kemampuan verbal, numerik serta figural. Tes inteligensi juga digunakan untuk menemukan potensi dan bakat serta minat yang ada dalam diri seseorang. Sehingga akan lebih mudah untuk membuat plot atau rancangan masa depan sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Santri yang mempunyai kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dan tes Intelgensi baik, diharapkan dapat mengikuti pelajaran agama/pesantren maupun pelajaran umum dengan baik dan lancar, sehingga dapat meningkatkan kualiatas akademik siswa sehingga dan mewujudkan santri yang cerdas dan berakhlakul karimah.(Tim Redaksi MTs WI Kebarongan)

Leave a Reply