Upacara HAB (Hari Amal Bakti) KEMENAG RI yang ke-76

Segenap Keluarga MTs WI Kebarongan mengucapkan “selamat memperingati HAB KEMENAG RI yang Ke-76

Setiap tanggal 3 Januari, seluruh Kantor Kementerian Agama selalu mengadakan upacara dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti). MTs WI Kebarongan, selain sebagai madrasah di bawah naungan Yayasan Pomesmawi, juga merupakan madrasah di bawah naungan Kementerian Agama khususnya Wilayah Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu, MTs WI juga menyelenggarakan upacara dalam rangka hari tersebut. Kegiatan upacara dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama ke-76 diselenggarakan oleh MTs WI kebarongan pada hari Senin 3 Januari 2022 melibatkan personil tenaga asatidz (guru-guru) sebagai petugas upacara dan seluruh santri sebagai peserta upacara.

Pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti (HAB) yang melibatkan seluruh asatidz dan seluruh santri berjalan dengan penuh hikmat. Sebelum adanya pandemi Covid -19 upacara Hari Amal bakti (HAB) Kementerian Agama di MTs WI Kebarongan hanya diikuti oleh beberapa guru saja sebagai perwakilan ke Wilayah Kabupaten Banyumas. Tujuan diadakannya upacara ini adalah untuk melatih kedisiplinan asatidz dan santri serta memberi contoh kepada santri-santri tentang pengetahuan tata laksana upacara. Sebelumnya, petugas upacara adalah santri-santri. Di kesempatan yang berbeda ini madrasah memberi kesempatan kepada asatidz untuk merasakan apa yang pernah dirasakan oleh santri-santrinya ketika melaksanakan upacara. Beberapa asatidz menjadi petugas upacara. Berseragam putih dan hitam serta tetap memakai masker sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan sekalipun dalam kondisi melaksanakan upacara.

Tema peringatan Hari Amal Bakti (HAB) tahun ini adalah “Tranformasi Layanan Umat”. Ustadz Syahidin, S.Ag selaku Kepala MTs WI Kebarongan menyampaikan kutipan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang tema ini dalam amanatnya. Pada hari ini, Senin, tanggal 3 Januari 2022, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan dan mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. “

Terselip juga do’a Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga pendidikan dapat dilaksanakan secara optimal seperti sedia kala.

Cek info update MTs WI Kebarongan di
www.mtswikebarongan.sch.id

Leave a Reply