You are currently viewing Upacara dalam Rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-75 Tahun 2021 Pertama Kali Melibatkan seluruh Personil Asatidz MTs WI Kebarongan

Upacara dalam Rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-75 Tahun 2021 Pertama Kali Melibatkan seluruh Personil Asatidz MTs WI Kebarongan

MTs WI News, Banyumas – Ada suasana yang berbeda pada tanggal 3 Januari 2020 khusunya di komplek MTs WI kebarongan. Apa yang spesial dengan tanggal tersebut? Biasanya setiap tanggal 3 Januari, seluruh Kantor Kementerian Agama selalu mengadakan upacara dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti). MTs WI Kebarongan, selain sebagai madrasah di bawah naungan Yayasan Pomesmawi, juga merupakan madrasah di bawah naungan Kementerian Agama khususnya Wilayah Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu, MTs WI juga menyelenggarakan upacara dalam rangka hari tersebut. Sedangkan yang berbeda adalah upacara dalam rangka memperingati HAB Kementerian Agama ke-75 diselenggarakan oleh MTs WI kebarongan pada hari itu melibatkan personil tenaga asatidz (guru-guru) seluruhnya.

Pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti (HAB) yang melibatkan seluruh asatidz tersebut baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya, upacara Hari Amal bakti (HAB) Kementerian Agama di MTs WI Kebarongan hanya diikuti oleh beberapa guru saja sebagai perwakilan ke Wilayah Kabupaten Banyumas. Tujuan diadakannya upacara ini adalah untuk melatih kedisiplinan asatidz serta memberi contoh kepada santri-santri tentang pengetahuan tata laksana upacara meski masih dalam kondisi darurat covid-19. Sebelumnya, yang sering melaksanakan upacara adalah santri-santri, oleh karena itu di kesempatan yang berbeda ini madrasah memberi kesempatan kepada asatidz untuk merasakan apa yang pernah dirasakan oleh santri-santrinya ketika melaksanakan upacara. Para asatidz kompak berseragam putih dan hitam serta tetap memakai masker sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan sekalipun dalam kondisi melaksanakan upacara.

Tema peringatan Hari Amal Bakti (HAB) tahun ini adalah “Indonesia Rukun”. Ustadz Syahidin, S.Ag selaku Kepala MTs WI Kebarongan menyampaikan kutipan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang tema ini dalam amanatnya. Pada intinya, terselip doa semoga pandemi covid-19 yang menjadi ujian berat Bangsa Indonesia ini segera berlalu dengan takdir dan pertolongan dari Alloh Swt. (8/2)

Leave a Reply