You are currently viewing Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan :  Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs WI Kebarongan Berjalan Lancar

Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan : Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs WI Kebarongan Berjalan Lancar

MTs WI News, Banyumas – Kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) meruapakan kegiatan pengumpulan data-data yang dilanjutkan dengan analisis dan penilaian terhadap kualitas kinerja kepala madrasah yang dilaksanakan secara berkala setiap satu tahun (periode tahunan). Data-data tentang yang dimaksud merujuk pada instrumen yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama melalui Tim Penilai masing-masing madrasah.

Kegiatan PKKM yang dilaksanakan di MTs WI sendiri pada awalnya telah dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Januari, yakni tanggal 11 Januari 2021. Namun, sehubungan dengan adanya Peraturan Bupati tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mulai berlaku sejak tanggal 11 s.d 25 Januari 2021 maka secara otomatis rencana jadwal PKKM di MTs WI menjadi ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Setelah menunggu hingga kurang lebih tiga dua minggu, akhirnya jadwal PKKM yang baru muncul, yakni tanggal 2 Februari 2021. Tentunya, pelaksanaan kegiatan PKKM tersebut berada dalam pantauan dikarenakan masih dalam suasana pembatasan kegiatan dari pihak kabupaten.

Sementara itu, yang bertugas menjadi tim penilai dalam kegiatan PKKM di MTs WI ini terdiri atas dua orang pengawas yang keduanya berasal dari lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas. Penilai yang pertama adalah Bapak Amin Yuhdi, S.Pd, M.Pd.I dan penilai yang kedua adalah Ibu Nurul Hidayah, S.Ag. Beliau berdua bertugas menilai seluruh aspek kinerja berdasarkan 4 instrumen utama, yakni : (1) aspek pengembangan madrasah, (2) aspek kewirausahaan, (3) aspek manajerial, dan (4) aspek supervisi. Tim penilai akan mencocokkan data dengan seluruh bukti fisik yang ada kemudian menganalisis dan menilainya. Segala teknis pelaksanaan penilaian dalam kegiatan ini tetap mementingkan protokol kesehatan yang ketat guna mematuhi peraturan bupati tentang upaya pencecahan virus covid-19.

Selanjutnya kegiatan PKKM ini berakhir pukul 11.30 siang dengan menghasilkan beberapa ulasan terhadap masing-masing aspek yang dinilai. Secara garis besar, pesan dari Bapak Amin Yuhdi, S.Pd, M.Pd.I terkait evaluasi kegiatan PKKM ini adalah : “Catatlah apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicatat”. Hal ini mengisyaratkan bahwa setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh madrasah harus memiliki perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang jelas. Selain itu, dalam membuat dokumen hasil diusahakan juga memiliki pendahuluan yang jelas sehingga lebih mudah diterima oleh pihak yang akan mengevaluasi. Semoga kegiatan PKKM ini dapat bermanfaat bagi kemajuan MTs WI ke arah yang lebih baik lagi. (8/2)

Leave a Reply