You are currently viewing Pembagian Rapot Penilaian Akhir Semester (PAS) MTs WI Kebarongan Tahun Ajaran 2020/2021

Pembagian Rapot Penilaian Akhir Semester (PAS) MTs WI Kebarongan Tahun Ajaran 2020/2021

MTs WI News, Banyumas – Pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 MTs WI kebarongan telah melangsungkan kegiatan pembagian raport (hasil belajar) santri semester gasal dengan lancar tanpa halangan. Kegiatan yang bertempat di lingkungan madrasah ini masih berlangsung di tengah-tengah pandemi covid-19 yang masih belum mereda. Namun meski demikian, kegiatan pembagian rapot ini tentu telah disesuaikan dengan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi penyebaran covid-19 khusunya di Kabupaten Banyumas.

Adapun skenario pembagian rapot santri yang dirancang oleh pihak madrasah adalah dengan mengundang wali santri sebagai penerima secara langsung. Pihak Madrasah hanya memperbolehkan wali santri saja yang hadir ke madrasah tanpa ditemani putra-putri mereka demi mengurangi kemungkinan adanya kerumunan. Selain itu, pembagian rapot juga dibagi dalam tiga sesi yang berbeda, yakni mulai pukul 09.00 untuk sesi 1, pukul 10.00 untuk sesi 2, dan pukul 11.00 untuk sesi 3.  Teknis pembagian juga berlangsung di dalam kelas-kelas yang berjauhan satu sama lain. Setiap wali santri yang datang mengambil nomor terlebih dahulu baru dapat masuk ke kelas untuk bertemu wali kelas. Segala teknis tersebut diperkuat kembali dengan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh di awal kedatangan.

Secara umum, hasil belajar yang diterima oleh santri meliputi hasil belajar selama satu semester ini, yakni semester gasal tahun 2020/2021. Nilai yang didapatkan oleh santri merupakan nilai hasil pembelajaran secara jarak jauh (PJJ) yang berlangsung mulai awal Juli hingga akhir November. Selanjutnya, rapot yang digunakan oleh MTs WI Kebarongan merupakan rapot yang menggunakan kurikulum 2013 dengan mengedepankan nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap. Nilai-nilai yang tercantum dalam rapot setiap santri telah diolah oleh seluruh guru mata pelajaran dengan memadukan nilai tugas, ulangan harian, ulangan harian bersama (UHB) dan penilaian akhir semeter (PAS).

Leave a Reply