You are currently viewing Kegiatan Penerimaan Hasil UHB dan Pengecekan Tugas Santri di MTs WI Kebarongan

Kegiatan Penerimaan Hasil UHB dan Pengecekan Tugas Santri di MTs WI Kebarongan

MTs WI News, Banyumas – Selama kurang lebih sepekan, Tim Kurikulum MTs WI Kebarongan menyelenggarakan kegiatan pemanggilan santri beserta walinya ke Madrasah dalam rangka penerimaan hasil Ulangan Harian Bersama (UHB) semester gasal. Kegiatan ini juga disertai dengan pengecekan tugas-tugas santri termasuk buku catatan hasil kegiatan belajar mengajar online yang selama ini telah dilaksanakan sejak bulan Juli lalu. Kegiatan yang berlangsung sejak hari Sabtu, 7 November 2020 hingga hari Kamis, 12 November 2020 itu melibatkan seluruh wali kelas dan guru-guru mata pelajaran di setiap jenjang kelas untuk bertugas menyampaikan hasil UHB dan mengecek tugas-tugas santri termasuk buku-buku catatan yang mereka miliki.

Meskipun santri beserta walinya harus datang secara fisik ke sekolah, kekhawatiran akan terjadinya kerumunan tentu telah diantisipasi terlebih dahulu oleh pihak madrasah dengan adanya peraturan jadwal kelas setiap harinya. Tim kurikulum hanya membolehkan santri dari tiga kelas saja per harinya yang datang untuk mengambil hasil UHB dan menyetorkan buku-buku catatan untuk dicek oleh petugas. Selain itu, standar protokol kesehatan juga diterapkan kepada setiap santri yang datang seperti wajib cuci tangan, cek suhu, memaki masker dan jaga jarak antar sesama. Hal ini dilakukan demi menghindari hal-hal yang tak dinginkan terkait penyebaran covid-19 yang masih saja belum berakhir.

Sementara itu, beberapa wali santri yang datang mengantar putra-putrinya menyatakan dukungan terhadap adanya kegiatan ini karena dapat menjadi perhatian serta motivasi bagi santri agar selalu mengikuti pembelajaran dengan baik meskipun secara daring (online). Jika tidak ada perhatian dari pihak madrasah untuk mengecek tugas-tugas dan buku catatan santri bisa jadi santri akan sedikit abai tentang kewajiban mereka untuk tetap belajar dengan semangat. Dukungan dari wali santri tersebut selaras dengan tujuan dari Tim Kurikulum mengadakan kegiatan ini, yaitu untuk memberi pemahaman tanggung jawab terhadap santri tentang tugas-tugas mereka. Selain itu, kehadiran dalam kegiatan belajar mengajar secara daring (online) merupakan hal yang penting bagi seluruh santri sebagai syarat mereka mendapatkan nilai di akhir semeter gasal ini. (13/11).

Leave a Reply