You are currently viewing MTs WI Kebarongan Gelar Hari Santri Nasional (HSN) Secara Virtual

MTs WI Kebarongan Gelar Hari Santri Nasional (HSN) Secara Virtual

MTs WI News – Tanggal 22 Oktober merupakan tanggal peringatan Hari Santri Nasional. Seluruh pondok pesantren dan madrasah seantero nusantara biasa melakukan peringatan untuk menyambut hari spesial ini. Namun, tahun ini ada yang berbeda dari peringatan Hari santri Nasional tersebut. Adanya pandemi covid-19 yang tengah melanda negeri ini menyebabkan sejumlah pondok pesantren belum dapat menyelenggarakan kegiatan secara fisik yang melibatkan banyak orang. Begitu pula dengan MTs WI Kebarongan yang selama tiga tahun terakhir selalu ikut meramaikan Hari Santri Nasional juga belum dapat menyelenggarakan kegiatan secara meriah (baca : mendatangkan santri-santri) di komplek madrasah. Khusus di tahun 2020 ini, kegiatan Hari Santri nasional (HSN) MTs WI Kebarongan dilaksanakan secara virtual (daring).

Merujuk pada ketentuan dari Pemerintah tentang pedoman penyelenggaran kegiatan Hari santri Nasional Tahun 2020, slogan hari santri nasional yang digunakan adalah “Santri Sehat, Indonesia Kuat”. Hal ini menunjukkan bahwa fokus utama santri tahun ini adalah berusaha menjadi pribadi yang kuat baik secara jasmani maupun rohani dalam rangka perlindungan diri melawan penyebaran covid-19 yang tengah melanda Indonesia.. Slogan tersebut juga tercantum pada banner Hari Santri Nasional milik MTs WI Kebarongan sebagai bentuk ketaatan mengikuti anjuran pemerintah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan santri-santrinya.

Adapun kegiatan virtual Hari Santri nasional yang diselenggarakan oleh MTs WI kebarongan adalah berbentuk perlombaan online, seperti lomba ceramah/pidato, lomba tartil/murottal, lomba adzan dan lomba tilawah /MTQ. Kegiatan perlombaan online ini terbuka bagi seluruh santri MTs WI Kebarongan yang berminat mengasah kreativitas dan bakat mereka. Sebagai bentuk motivasi bagi santri, panitia HSN Madrasah telah menyediakan hadiah berupa piala bagi santri-santri yang berbakat dan mendapatkan predikat juara. Selain kegiatan perlombaan, kegiatan live instagram juga diadakan oleh pihak panitia HSN Madrasah sebagai sarana asatidz menyapa santri-santrinya setelah sekian lama tak bersua. Rencananya, pengumuman kejuaraan dalam kegiatan perlombaan juga akan disampaikan secara vitual melalui grup whatsapp madrasah seminggu kemudian. Sementara itu, nantinya pembagian piala kejuaraan akan diberikan oleh pihak madrasah dalam sebuah acara tersendiri yang tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. (11/10).

Leave a Reply