You are currently viewing MABISBA (Masa Bimbingan Santri Baru) MTs WI Kebarongan Dilaksanakan Secara Online (Daring)

MABISBA (Masa Bimbingan Santri Baru) MTs WI Kebarongan Dilaksanakan Secara Online (Daring)

Tahun ajaran baru 2020/2021 bangsa Indonesia masih berada pada nuansa Pandemi Covid-19, maka pola pelaksanaan kegiatan dalam dunia pendidikan pun tak lepas dari nuansa tersebut. Kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) di lingkungan Kementerian Agama pun harus menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal tersebut tercermin dalam Petunjuk Panduan Pelaksanaan  Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, yakni Nomor : B. 1027 / DJ. I / Dt. I.I / PP. 00/06/2020 tahun Pelajaran 2020/2021.

Dengan adanya kenyataan tersebut, maka pelaksanaan Matsama di lingkungan MTs WI Kebarongan yang lebih dikenal dengan MABISBA (Masa Bimbingan Santri Baru) sudah tentu ikut menyesuaikan ketentuan tersebut. Penyesuaian ketentuan yang dimaksud adalah menyelenggarakan kegiatan MABISBA secara onlinei (daring). Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 14 Juli s.d hari Kamis tanggal 16 Juli 2020.

Kegiatan MABISBA (Masa Bimbingan Santri Baru) MTs WI Kebarongan Tahun 2020 tahun ini akhirnya dipertimbangan dilaksankan secara khusus berkonsep Daring. MABISBA dilakukan secara daring melalui media whatssapp, google form serta youtube. Seluruh materi-materi yang diberikan dalam MABISBA telah dipilih sesuai tingkat urgensinya bagi santri baru. Materi yang dimaksud adalah kemadrasahan, pengenalan KBM, kesiswaan, mars MWI, anti bullying dan diskriminasi serta school tour.  Selain materi, terdapat pula beberapa lomba yang diadakan dalam kegiatan tersebut sebagai tempat kreativitas santri baru dan semacam selingan yang bermanfaat bagi mereka.

Secara umum, pelaksanaan MABISBA secara Daring berjalan lancar dan menjadi pengalaman tersendiri bagi Tim Pelaksananya, yakni guru-guru MTs WI Kebarongan. Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi santri-santri baru dalam rangka mengenal lebih dekat MTs WI Kebarongan.

Leave a Reply